Stimulasi Terapi Okupasi Menggunting pada Perkembangan Motorik Halus Anak Autis
PDF-Full text (download)

Keywords

Intervensi Keperawatan
Terapi Okupasi
Menggunting
Anak Autis
Motorik Halus

How to Cite

Herlindawati, H., Supratti, S., & Syamsidar, S. (2024). Stimulasi Terapi Okupasi Menggunting pada Perkembangan Motorik Halus Anak Autis. Jurnal Keperawatan Majampangi, 1(1), 29–38. Retrieved from https://jurnal.poltekkesmamuju.ac.id/index.php/p/article/view/1710

Abstract

Keterlambatan perkembangan motorik halus anak autis, membuat anak sulit menggunting, menulis, memakai pakaian atau kegiatan penting lainnya yang membutuhkan koordinasi mata dan jari-jemari. Terapi okupasi menggunting untuk anak autis dapat membantu menguatkan, memperbaiki keterampilan otot serta koordinasi mata, Untuk meneningkatkan motorik halus anak autis melalui terapi okupasi   menggunting di SLBN Pembina Provinsi Sulawesi Barat Mamuju. Desain penelitian menggunakan deskriptif studi kasus, 5 responden autis sesuai dengan diagnosis dokter yang telah dipilih dibantu oleh pihak sekolah untuk dilakukan terapi okupasi menggunting, selama 12 kali pertemuan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil menggunting pola sebelum intervensi 3 responden dalam kategori BB (Belum Berkembang) dan 2 responden kategori BSH (Bekembang Sesuai Harapan), selama intervensi 2 responden meningkat dari BSH ke BSB (Berkembang Sangat Baik), 2 responden lainnya meningkat dari kategori MB (Mulai Berkembang) ke BSH (Berkembang Sesuai Harapan), terus meningkat ke BSB (Berkembang Sangat Baik) dan 1 responden meningkat dari MB (Mulai Berkembang) ke BSH (Berkembang Sesuai Harapan). setelah intervensi 4 responden dalam kategori BSB 1 responden kategori BSH. Dari hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan perkembangan motorik halus menggunting pola bangun datar pada ke lima responden Hasil penelitian ini dapat sebagai acuan dalam dunia pendidikan dan kesehatan, khususnya kemampuan motorik halus anak Autis.

PDF-Full text (download)

References

Adiningsih, V. E., & Syafrina, R.-. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Merobek Kertas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Tk Negeri 2 Samarinda. Jurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.24903/jw.v4i2.371

Alfinna, T., Dyah, Y., & Santik, P. (2019). Kejadian Autism Spectrum Disorder pada Anak di Kota Semarang Tahta. Higeia Journal Of Public Health Research and Development, 3(4). https://doi.org/10.15294/higeia.v3i4.30987

Andari, Y., Hadis, A., Origami, M., & Autis, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Origami Pada anak Autis Kelas V Di Slb Negeri Pamboag. Ilmu Pendidikan.

Apriany, D., & Cahyati, Y. (2021). Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan Kebutuhan Khusus (Pendekatan SDKI, SLKI dan SIKI. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Christin Henny A.S, E. B. S. (2019). Perancangan Mainan Pada Anak Penyandang Autisme (The Design Of The Toys On Children With Disabilities Autism). e-Proceeding of Art & Design, 6(1). https://repositori.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/148793/jurnal_eproc/perancangan-mainan-pada-anak-penyandang-autisme.pdf

Dr. Suprajitno, S.Kp., M.Kes. Dra. Rachmi Aida, M. P. (2017). Bina aktivitas anak autis dirumah. Malang: MNC Publishing.

Elvira, S. D. (2018). Pendidikan anak autisme. (T. Pena, Ed.), International Journal of Physiology (Vol. 6). Kuningan: Goresan Pena.

Faz, G. O. (2022). Pengaruh Terapi Okupasi Melipat dan Menggunting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Autis. Psikologi Tabularasa, 11(2).

Fernando, F. (2021). Jurusan Tarbiyah - Stain Sufyan Tsauri Majenang. Pendidikan Islam, 01(2).

Hasnita, E., & Hidayati, T. (2015). Terapi Okupasi Perkembangan Motorik Halus Anak Autisme. Jurnal Ipteks Terapan, 9(1). https://doi.org/10.22216/jit.2015.v9i1.25

Iriani, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Bahan Bekas Pada Kelompok B Tk Widya Merti Surabaya. PAUD Teratai, 2(2).

Iskandar, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif Improvement Of Social Interaction Ability in Autism Child Through Therapy Associative Players. Journal of Health Studie, V(2). https://doi.org/10.31101/jhes.1048

Karmila, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Polaris di Kelompok A TK Muslimat NU Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Audiensi: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(1). https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no12022pp36-49

Kasus, S., & Fajar, S. L. B. (2020). Sustainability in Architecture Pengaruh Penataan Interior Ruang Kelas Terhadap Arsitektur untuk Indonesia Timur. Sains, Teori Dan KRritik Arsitektur, 474–484.

Kemenkes, kementerian kesehatan. (2022). Data Autis Kementrian Kesehatan. Diambil dari https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/autisme-a-z-webinar-peringatan-hari-peduli-autisme-sedunia-2022

Krysanti, R. (2021). Pengaruh terapi bermain menggunting kertas terhadap peningkatan motorik halus pada anak autisme. Karya Tulis Ilmiah Tidak diterbitkan

Lara. (2022). Pemanfaatan Komunitas Virtual Dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8.5.2017), 2003–2005. Diambil dari www.aging-us.com

Lestari, D. P., Hafsah, S., Ceria, T., Makasar, U. N., Peranturan, B., & Pendidikan, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Usia 5-6 Tahun TK Tunas Ceria. Profesi Kependidikan, 4. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/30472

Mahdalena, R., Shodiq, M., & Dewantoro, D. A. (2020). Melatih Motorik Halus Anak Autis Melalui Terapi Okupasi. Ortopedagogia, 6. http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i12020p1-6

Nafisa, F., & Widayati, S. (2018). Pengaruh tahapan menggunting terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok a di tk dharma wanita persatuan randuagung gresik. Jurnal Mahasiswa Unesa, 7(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/26419

Padhila, N. I., Keperawatan, I., Masyarakat, F. K., Indonesia, U. M., & K, E. P. K. (2023). Pengaruh Terapi Okupasi terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak berkebutuhan Khusus Pendahuluan Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kondisi yang berbeda dari rata- rata anak pada umumnya . Perbedaan dapat berupa kelebihan maupun ke. Window of Nursing, 4(2).

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Prov sulbar, K. (2024). Data Sulbar Kemendikbut provinsi Sulawesi Barat, 2024.

Puspitasari, Y., Yuliati, Y., & Wilujeng, S. (2022). Terapi Okupasi Memasang Kancing Baju Terhadap Motorik Halus Pada Anak Tunagrahita Sedang. PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1(1), 6–12. https://doi.org/10.56721/pegas.v1i1.79

Putri, N. A. S. (2021). Asuhan Keperawatan Pada Tn.P Dengan Masalah Keperawatan Nyeri Akut Dengan Diagnosis Hipertensi Di Desa Tongas Wetan Kecamatan Togas Probolinggo. Politeknik Kesehatan Kerta Cendekia.

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Rambe, E. L., Noprizal, D., Rahmad, H. A., Silpiana, & Andani, R. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Engklek) Di Tk Aisyiyah Bustanul AthFal Ranting Selat Panjang Timur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 01(01).

Saputra, ines N. (2022). Pelaksanaan Terapi Musik Pada Anak Autisme Di Daya Indonesia Performing Art Academy. Repertoar, 3(1), 41–55.

Serlina, F., Rahman, M. A., & Ekawati, Y. N. (2023). Mulia Kota Jambi Content Validity Test Of Motosoft Module To Increase Fine Motor. Psikologi Jambi, 8(01), 23–28.

Serpong, A. A., & Tangerang, U. (2019). Efektivitas Penggunaan Media (Raudhah Shidqi Amirah) 876. Widia Ortodidaktika, 8, 876–887.

Siahaan, L. H., & Maemunah. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain dengan Media Barang Bekas di TK Atika Thohir Falak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6958–6962.

Sulistyowati, H., Mayasari, D., & Hastining, S. D. (2022). Pemerolehan Kosa Kata Anak Autism Spectrum Disorder ( ASD ), 6(4), 3091–3099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2374

Supratti, S., & Ashriady, A. (2018). Pendokumentasian Standar Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju. Jurnal Kesehatan Manarang, 2(1), 44. https://doi.org/10.33490/jkm.v2i1.13

Tim Pokja SDKI. (2017) PPNI. Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Jakarta Selatan: DPP PPN

Tim Pokja SIKI. (2018) PPNI. Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta Selatan: DPP PPNI PPNI.

Tim Pokja SLKI. (2017) PPNI. Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Jakarta Selatan: DPP PPNI PPNI.

Ulfatussaliha. (2017). Latihan Motorik Halus Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Autis. Universitas Negri Makassar. https://eprints.unm.ac.id/22142/2/JURNAL%20ULFATUSSALIHA.pdf

Wardani, D. sulistyo. (2020). Strategi Coping Orang Tua Menghadapi Anak Autis. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 2(2). https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/1628

Widayati, S., Adhe, K. R., Nafisa, F., & Silvia, E. F. (2019). Tahapan Menggunting Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education, 1(2). https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1402

Yan Yan, N., Endah, J., Sri, N., & Siti, A. (2019). Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training, 3(2). https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan Majampangi