Hubungan Parenting Self Efficacy dengan Perilaku Agresif Anak Usia Prasekolah di TK ABA 14 Kandangsemangkon Kecamtan Paciran Kabupaten Lamongan
PDF-Full text (download) (English)

Kata Kunci

Parenting Self Efficacy, Perilaku Agresif, dan Anak Prasekolah

Cara Mengutip

Xitri, W. R., Maghfuroh, L., Martini, D. E., Rohman, K., & Putri, M. E. (2024). Hubungan Parenting Self Efficacy dengan Perilaku Agresif Anak Usia Prasekolah di TK ABA 14 Kandangsemangkon Kecamtan Paciran Kabupaten Lamongan: Hubungan Parenting Self Efficacy dengan Perilaku Agresif Anak Usia Prasekolah di TK ABA 14 Kandangsemangkon Kecamtan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Kesehatan Manarang, 10(1), 27–34. https://doi.org/10.33490/jkm.v10i1.973

Abstrak

Pada masa anak prasekolah, kemampuan bersosialisasi, persiapan untuk masuk sekolah, dan meluasnya masa pertemanan akan menjadi hal-hal yang penting dan bisa berpengaruh terhadap perilakunya. Banyak sekali perilaku dari lingkungan sekitar anak yang terjadi sebagai manifestasi perilaku negatif anak prasekolah karena anak prasekolah merupakan pendengar dan peniru yang baik. Perilaku agresif merupakan perilaku individu yang menyakiti orang lain atau merusak obyek atau benda mati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan parenting self efficacy dengan perilaku agresif anak usia prasekolah di TK ABA 14 Kandangsemangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Desain penelitian adalah analitik korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 90 orang tua, dan didapatkan sampel penelitian sebanyak 74 orang tua dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian ini diambil menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data dianalisis menggunakan uji Spearman rho’ dengan p Ë‚ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar orang tua yang memiliki anak usia prasekolah memiliki tingkat parenting self efficacy yang rendah (58,10%), hampir sebagian orang tua memiliki anak usia prasekolah yang pernah berperilaku agresif (39,19%). Berdasarkan analisis data dengan nilai dari hubungan parenting self efficacy dengan perilaku agresif didapatkan nilai  taraf  signifikan  p  =  0,000  (p Ë‚ 0,05)  dan  nilai  rs  =  0,505   artinya terdapat hubungan  antara parenting self efficacy dengan perilaku agresif anak usia prasekolah di TK ABA 14 Kandangsemangkon Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dengan tingkat korelasi kuat. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada orang tua untuk meningkatkan parenting self efficacy yang dimiliki agar semakin yakin dalam pola pengasuhannya sehingga dapat mengurangi perilaku agresif anak usia prasekolah.

https://doi.org/10.33490/jkm.v10i1.973
PDF-Full text (download) (English)