Abstrak
ADHD adalah gangguan mental ditandai dengan ketidakmampuan memusatkan perhatian, hiperaktivitas, impulsivitas sehingga mengalami kesulitan berkonsentrasi. Salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi adalah memberikan terapi bermain Borneo Puzzle berbasis game edukasi. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Cahaya Bangsa, Bina Anak Bangsa, Kinasih dan Autis Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh permainan Borneo Puzzle berbasis game edukasi terhadap tingkat konsentrasi anak ADHD. Metode penelitian quasi eksperimen dengan populasi 20 siswa SD menggunakan teknik total sampling. Sebanyak 10 siswa diberikan permainan Borneo Puzzle berbasis game edukasi dan 10 siswa diberikan puzzle konvensional selama 6 hari berurutan. Instrumen penelitian adalah Concentration Grid Exercise, dengan uji statistik menggunakan Paired t-test dan Independent t-test. Hasil uji Paired t-test didapatkan nilai p = 0,000 pada kelompok perlakuan dan nilai p = 0,001 pada kelompok kontrol (p value < 0,05) menujukkan bahwa permainan Borneo Puzzle berbasis game edukasi maupun puzzle konvensional memberikan pengaruh yang bermakna terhadap tingkat konsentrasi anak ADHD. Rerata selisih total skor tingkat konsentrasi antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok perlakuan yaitu 4,60 (SD 2,45) lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yaitu 3,70 (SD 2,35), dengan uji Independent t-test didapatkan nilai p = 0,415 (p value > 0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan selisih total skor yang bermakna. Kesimpulan : ada pengaruh permainan Borneo Puzzle berbasis game edukasi terhadap tingkat konsentrasi anak ADHD di SLB Kota Pontianak tahun 2020. Diharapkan permainan Borneo Puzzle berbasis game edukasi dapat dijadikan model permainan alternatif dalam terapi bermain untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD.