English
PDF-Full text (download) (English)

Kata Kunci

Anak sekolah
Terapi kelompok terapeutik
Perkembangan
TKT

Cara Mengutip

Sartika, Z., Purnomo, E., & Hamid, A. Y. S. (2023). English. Jurnal Kesehatan Manarang, 9(2), 81–88. https://doi.org/10.33490/jkm.v9i2.572

Abstrak

Anak usia sekolah adalah individu yang berada pada rentang usia 6-12 tahun yang dikenal sebagai perkembangan fase industri. Kegagalan untuk mencapai perkembangan ini dapat menyebabkan anak sekolah mengalami rendah diri. Anak usia sekolah merupakan generasi masa depan bangsa yang perlu diperhatikan tumbuh kembangnya. Perkembangan anak usia sekolah meliputi aspek motorik, kognitif, bahasa, kepribadian, emosi, moral, spiritual, dan psikososial yang dapat distimulasi dengan Terapi Kelompok Terapeutik. Tujuan studi literatur ini untuk mengetahui efektivitas Terapi Kelompok Terapeutik terhadap peningkatan perkembangan fase industri anak sekolah. Metode yang digunakan adalah systematic review. Hasil telaah terhadap 8 artikel didapatkan bahwa Terapi Kelompok Terapeutik meningkatkan fase industri anak sekolah yaitu aspek motorik, kognitif, bahasa, emosi, kepribadian, moral, spiritual, dan psikososial, serta meningkatkan kemampuan keluarga, kader dan guru dalam menstimulasi perkembangan anak sekolah. Kesimpulannya penerapan Terapi Kelompok Terapeutik efektif meningkatkan perkembangan industri anak sekolah dengan pemberdayaan keluarga, guru, dan kader kesehatan jiwa. Studi literatur ini merekomendasikan Terapi Kelompok Terapeutik anak sekolah dapat dilakukan pada tatanan pelayanan kesehatan di masyarakat sebagai bentuk pelayanan keperawatan kesehatan jiwa pada anak usia sekolah dan keluarga dengan melibatkan kader kesehatan jiwa dan guru, untuk mengoptimalkan perkembangan industri anak sekolah.

https://doi.org/10.33490/jkm.v9i2.572
PDF-Full text (download) (English)