Mekanisme Koping Individu dan Perilaku Bulying pada Siswa SMA
PDF

Keywords

Mekanisme koping
Perilaku bullying

How to Cite

Ramadhan, K., Estevani, E., Entoh, C., & Nurfatimah, N. (2019). Mekanisme Koping Individu dan Perilaku Bulying pada Siswa SMA. Jurnal Kesehatan Manarang, 5(1). https://doi.org/10.33490/jkm.v5i1.86

Abstract

Latar Belakang: Perilaku bullying marak terjadi pada siswa sehingga mereka memelukan mekanisme koping untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti halnya masalah lain tindakan perundungan (bully) juga memerlukan pertahanan secara psikologis. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara mekanisme koping individu dengan perilaku bullying pada siswa. Metode: dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi : adalah semua siswa kelas X dan XI SMAN 1 Pamona Barat yang berjumlah 79 orang. Sampel : Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu semua siswa kelas X dan XI sebanyak 79 orang. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapati siswa dengan mekanisme koping focused problem koping yang sering melakukan perilaku bullying sebanyak 39 responden (72,2%) dengan nilai p=0,030 ini menunjukan bahwa adanya hubungan mekanisme koping individu dengan perilaku bullying pada siswa di SMAN 1 Pamona Barat. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian Hubungan Antara Mekanisme Koping Individu Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa di SMAN 1 Pamona Barat didapati hasil banyaknya siswa yang menggunakan mekanisme koping problem focused coping yang melakukan tindakan bullying. Saran: Lebih ditingkatkannya hubungan kekerabatan di antara para siswa yaitu dengan menjalin hubungan kerjasama sehingga tidak ada prinsip senioritas yang berkembang di antara para siswa.

https://doi.org/10.33490/jkm.v5i1.86
PDF