Efektivitas Mat Elektrik Kombinasi Ekstrak Daun Serai Wangi (Cymbopogon Nardus) dan Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) dalam Mengendalikan Nyamuk Aedes Aegypti

Abstract

Mat elektrik adalah alat yang memanfatkan arus listrik untuk menguapkan lempengan (mat) dalam membunuh nyamukSelama ini pengendalian nyamuk menggunakan pengendalian kimiawi yang dapat merugikan kesehatan. Oleh karena itu digunakan daun serai wangi dan kulit jeruk nipis sebagai alternatif alami dalam pengendalian nyamuk Aedes aegypti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mat elektrik kombinasi ekstrak daun serai wangi dan kulit jeruk nipis dalam mengendalikan nyamuk Aedes aegypti dengan konsentrasi 10%, 30% dan 50% dalam kurun waktu tertentu. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen. Teknik yang digunakan yaitu membuat mat elektrik yang kemudian direndam di ektrak kombinasi serai wangi dan jeruk nipis. Berdasarkan data dan hasil analisa yang didapatkan menunjukkan bahwa konsentrasi 10% menyebabkan kematian nyamuk 2(10%), konsentrasi 30% menyebabkan kematian nyamuk 3(15%), konsentrasi 50% menyebabkan kematian nyamuk 4(20%).      Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektif dalam membunuh nyamuk dengan konsentrasi 10%,30%50% dalam waktu 6,12,18 dan 24 jam. Semakin tinggi konsentrasi yang digunakan semakin tinggi jumlah nyamuk yang mati. Saran peneliti mengembangkan bahan karton board pengganti yang dapat bertahan lama dalam pengujian mat elektrik ekstrak serai wangi dan jeruk nipis.

Published
2023-10-23
How to Cite
ASWANDI, M et al. Efektivitas Mat Elektrik Kombinasi Ekstrak Daun Serai Wangi (Cymbopogon Nardus) dan Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) dalam Mengendalikan Nyamuk Aedes Aegypti. Jurnal Mapaccing, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1 - 6, oct. 2023. Available at: <http://jurnal.poltekkesmamuju.ac.id/index.php/mpc/article/view/1050>. Date accessed: 20 may 2024.
Section
Articles