Mekanisme Koping Individu dan Perilaku Bulying pada Siswa SMA

  • Kadar Ramadhan Poltekkes Kemenkes Palu
  • Estevani Estevani Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palu
  • Christina Entoh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palu
  • Nurfatimah Nurfatimah Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palu

Abstract

Latar Belakang: Perilaku bullying marak terjadi pada siswa sehingga mereka memelukan mekanisme koping untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti halnya masalah lain tindakan perundungan (bully) juga memerlukan pertahanan secara psikologis. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara mekanisme koping individu dengan perilaku bullying pada siswa. Metode: dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi : adalah semua siswa kelas X dan XI SMAN 1 Pamona Barat yang berjumlah 79 orang. Sampel : Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu semua siswa kelas X dan XI sebanyak 79 orang. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapati siswa dengan mekanisme koping focused problem koping yang sering melakukan perilaku bullying sebanyak 39 responden (72,2%) dengan nilai p=0,030 ini menunjukan bahwa adanya hubungan mekanisme koping individu dengan perilaku bullying pada siswa di SMAN 1 Pamona Barat. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian Hubungan Antara Mekanisme Koping Individu Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa di SMAN 1 Pamona Barat didapati hasil banyaknya siswa yang menggunakan mekanisme koping problem focused coping yang melakukan tindakan bullying. Saran: Lebih ditingkatkannya hubungan kekerabatan di antara para siswa yaitu dengan menjalin hubungan kerjasama sehingga tidak ada prinsip senioritas yang berkembang di antara para siswa.

Published
2019-07-31
How to Cite
RAMADHAN, Kadar et al. Mekanisme Koping Individu dan Perilaku Bulying pada Siswa SMA. Jurnal Kesehatan Manarang, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 14 - 18, july 2019. ISSN 2528-5602. Available at: <http://jurnal.poltekkesmamuju.ac.id/index.php/m/article/view/86>. Date accessed: 16 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.33490/jkm.v5i1.86.
Section
Articles