Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan Komprehensif tentang HIV/AIDS pada Siswa SMA di Kota Pontianak
Abstract
eer education lebih efektif dibanding dengan program lainnya dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa, dan memberikan nilai yang positif dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS. Penelitian bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Peer Education terhadap pengetahuan komprehensif tentang HIV/AIDS pada siswa SMA di Kota Pontianak Propinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pre-Test, Post Test Design. Analisis, uji t-test dependen dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan gambaran skor tingkat pengetahuan sebelum Peer Education nilai skor terendah adalah 12 dan nilai skor tertinggi adalah 30. Pada setelah diberikan peer education, nilai skor terendah adalah 13 dan nilai skor tertinggi adalah 36. Nilai skor rata–rata sebelum diberikan peer education adalah 19,85, sementara nilai skor rata–rata setelah diberikan peer education adalah 27,0. Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pengetahuan sebelum diberikan peer education dengan setelah diberikan peer education dengan selisih mean 7,1 dan standar deviasi 5,2. Pada analisis multivariate tidak ada interaksi peningkatan skor pengetahuan setelah dikontrol sumber informasi (p value = 0,138). Saran yang diperlukan kerjasama yang lebih kuat antara seluruh pengelola, pendidik sebaya, konselor sebaya, stakeholder, LSM Kepemudaan/Keagamaan dan mitra kerja terkait demi terciptanya remaja/mahasiswa yang berperilaku sehat dalam rangka mewujudkan Generasi Berencana (GenRe). Meningkatkan kualitas modul dan materi pelatihan peer education (pendidik sebaya). Memberikan wadah kegiatan untuk siswa dalam menuangkan kreatifitas remaja dalam mengembangkan pendidikan sebaya terkait dengan pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV/AIDS.